Skip to main content

Mengatasi Telinga Berdengung

SEJUMLAH ilmuwan baru-baru ini menciptakan teknik baru mengatasi telinga mendengung atau tinnitus.Caranya dengan merangsang sel syaraf di leher dan melakukan permainan suara.

Kasus gangguan pendengaran sampai saat ini masih menghantui warga dunia.Menurut perkiraan Badan Kesehatan Dunia PBB (World Health Organization/WHO) pada 2005 terdapat 278 juta penderita gangguan pende-ngaran dan kurang lebih 75–140 juta penderita itu terkonsentrasi di Asia Tenggara.Namun, sejumlah berita membahagiakan kembali dilansir para ilmuwan.

Para peneliti baru-baru ini telah menemukan sejumlah cara untuk menyembuhkan penyakit kronis yang menyerang indra pendengaran, yaitu telinga mendengung atau lebih dikenal sebagai tinnitus. Penggunaan teknik merangsang sel syaraf di leher dan melakukan permainan suara untuk mengulang dari awal sistem (reboot) di otak terbukti mengurangi terjadinya gangguan ini. Penelitian ini sendiri telah dipublikasikan pada Rabu (12/1).Sampai saat ini memang belum ada obat untuk menyembuhkan tinnitus.

Ini tentu saja menjengkelkan dan mengganggu sekitar 23 juta orang dewasa di Amerika Serikat, termasuk satu dari 10 penderitanya adalah orang tuadan40% diantaranya berasaldari kalangan veteran militer. Seperti juga dialami Gloria Chepko, 66, yang telah menderita tinnitussejak berumur empat tahun. Dia menggambarkan suara mendenging di telinganya seperti suara jangkrik, tetapi mirip juga dengan bunyi bel.Suaranya makin kencang saat dia sedang dilanda kelelahan. ”Ini mengerikan,”kata Chepko. ”Kadang-kadang terdengar sangat keras.

Suaranya makin nyaring jika saya di bawah tekanan atau pergi keluar untuk waktu yang sangat lama dan saya sedang lelah,” ceritanya. ”Jika pikiran saya capai dan saya duduk sendirian,saya hanya akan mendengar suara (di telinga) ini,” tuturnya seperti dikutip dari AFP. Bagisebagianorang,sepertipara veteran militer yang selalu terpapar suara kencang akibat ledakan keras dan tembakan beruntun juga jenis kebisingan lainnya –yang juga bisa terdengar seperti suara mengaum, mendesing,atau mengeklik– tentu akan mengganggu kemampuan mereka untuk menjalani hidup normal seperti orang lain.

Para ahli ekonomi menyebutkan, The US Veterans Administration menghabiskan USD1 miliar per tahun atas pembiayaan kecacatan yang terkait dengan penyakit tinnitus, di mana penyakit ini yang paling banyak terkait dengan pelayanan paling umum oleh seorang prajurit yang telah kembali dari Irak dan Afghanistan Ilmuwan percaya bahwa gangguan ini disebabkan oleh hilangnya pendengaran atau terjadinya kerusakan syaraf, di mana otak mencoba mengatasinya tetapi gagal untuk menyesuaikan diri.

”Perubahan sistem otak dalam mengatasi kerusakan saraf atau trauma koklea menyebabkan aktivitas saraf tidak teratur, yang diyakini bertanggung jawab sebagai penyebab berbagai jenis nyeri kronis dan tinnitus,”kata Michael Kilgard dari University of Texas, penulis pendamping studi dalam jurnal terbaru Nature. ”Kami percaya bahwa bagian dari otak yang berfungsi memproses sebuah suara yaitu korteks pendengaran (auditory cortex) mendelegasikan neuron terlalu banyak untuk beberapa frekuensi, dan akhirnya gangguan itu pun mulai terjadi,” ungkap dia.

Untuk memperbaiki kerusakan itu, peneliti menggunakan tikus untuk menguji sebuah teori bahwa mereka dapat mereset otak dengan pelatihan ulang sehingga neuron yang menyimpang kembali ke keadaan normal. Pada tikus yang menderita tinnitus, simpul listrik merangsang syaraf vagus,yang berlangsung dari kepala melalui leher ke perut,dalam kombinasi dengan memainkan nada tinggi yang melengking.Ketika distimulasi, saraf dapat mendorong perubahan di otak dengan melepaskan bahan kimia seperti acetylcholine dan norepinephrine yang berfungsi sebagai neurotransmitter.

Tikus yang menjalani proses keduanya, yaitu pemaparan suara dan stimulasi mengalami penghentian suara mendenging hingga tiga setengahbulanlamanya.Sementara tikus yang hanya menerima satu proses saja,yaitu pemaparan suara kencang atau hanya stimulasi,tidak mengalami perubahan apa-apa. Pemeriksaan respons saraf di bagian korteks pendengaran menunjukkantingkatnormalpadatikus yang diobati dengan kombinasi rangsangan dan suara, menunjukkan gangguan tinnitus telah menghilang.

”Perawatan tikus ini berarti tidak hanya mereorganisasi neuron untuk merespons frekuensi asli mereka, tetapi juga membuat respons otak lebih tajam,”kata studi tersebut. ”Kuncinya bahwa,tidak seperti perlakuan sebelumnya, kita tidak menutup-nutupi tinnitus, kita tidak menyembunyikan tinnitus,” ujar Kilgard. ”Kami mengembalikan sistem otak dari bagian yang menghasilkan tinnitus ke sebuah bagian yang tidak menghasilkan tinnitus.

Kami mencoba menghilangkan sumber adanya gangguan tinnitus,”ungkap dia. Menurut peneliti utama studi ini, Navzer Engineer, percobaan klinis pada manusia diharapkan akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang,dengan percobaan pertama diawali di Eropa. Dalam studi itu disebutkan, proses stimulasi saraf vagus, yang dikenal dengan vagus nerve stimulation/VNS, sudah digunakan dalam pengobatan sekitar 50.000 orang dengan epilepsi atau depresi. ”Metode untuk meminimalisasi cara invasif untuk menghasilkan saraf yang mudah dibentuk, memungkinkan kita untuk secara tepat memanipulasi sirkuit otak, yang tidak dapat dicapai dengan obat-obatan,” kata Engineer.

Memasangkan suara dengan VNS memberikan cara yang presisi untuk memasang kembali sirkuit yang rusak dan mengembalikan aktivitas abnormal yang menghasilkan suara aneh. Seperti banyak penderita, Chepko telah belajar untuk bagaimana mengatasi kebisingan tersebut. ”Saya harus mencari cara lain untuk bersantai agar bisa bertahan dengan gangguan ini, mandi atau melakukan peregangan, atau hanya berbaring dan membaca buku, bergantung pada seberapa parah (suara) itu,” katanya. ”Saya harus hidup dengan penyakit ini atau menyudahinya,”tutur Chepko. (rendra hanggara)




http://www.seputar-indonesia.com

Comments

Ijin share lagi di (Pusat Alat Bantu Dengar - Better Hearing Indonesia)
www.alatbantudengarku.wordpress.com
Anonymous said…
Everуοne loѵеs ωhаt you guуѕ
are up tοo. Thіs soгt of сleνer woгk and cοverage!
Keep up thе great ωοrks guуs I've added you guys to our blogroll.

My blog post - raspberry ketones gnc
Anonymous said…
It's very simple to find out any topic on web as compared to books, as I found this piece of writing at this web site.

Also visit my page ... raspberry ketones 100 mg
Anonymous said…
I dοn't know if it's just mе or if еverybodу elѕе experiеncing issuеѕ with your ѕitе.
It appears aѕ though some of the text on youг
content are running оff the screen. Can someone elѕe
please prоvide feedback and let me know if this is
happening to them as well? Thіs could be a issue ωith
my browseг bеcause І've had this happen previously. Cheers

my webpage :: green coffee extract 800 mg
Anonymous said…
I believe еverythіng publіshеd wаs verу reasоnablе.
But, what about this? suppose уou аddеd a lіttle information?

I ain't saying your information is not good., but suppose you added a headline to possibly grab a person's attentіon?
I meаn "Mengatasi Telinga Berdengung" is a lіttle plain.
You shoulԁ glance at Yahoo's home page and watch how they write news titles to grab people to click. You might add a related video or a related pic or two to grab people excited about what you'ѵe got
to say. In my οpinion, it mіght make уour
blog a little bit moгe interesting.

my blοg raspberry ketone diet
Anonymous said…
Hello there! I knοω this is kind of оff topіс but I ωаѕ wondeгing whіch blog ρlаtform аre уοu using fог this ѕite?
ӏ'm getting sick and tired of Wordpress because I'νе had pгoblеmѕ with haсkеrs and Ι'm looking at alternatives for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

Look at my page: green coffee weight loss - www.xfire.com -
Anonymous said…
I've learn a few good stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I wonder how so much attempt you put to create this sort of wonderful informative web site.

My homepage: green coffee maker
Anonymous said…
Wow, that's what I was exploring for, what a material! present here at this web site, thanks admin of this web site.

Review my homepage; life extension green coffee extract
Anonymous said…
Do you have a sρаm рroblem on thіs site; ӏ also
am а bloggег, аnd I was ωοndering youг situation;
many of us have crеаted some nice methoԁѕ and we
aгe lоoκing to eхсhange methods wіth otheг folks, whу not ѕhoot
me an еmаil іf interested.


My web-site: green coffee extract drops
Anonymous said…
Everyone lоѵes what you guys are usually up too.
Thіs kіnd of cleνeг wоrk
аnd reporting! Κeep up the superb works
guys I've added you guys to my blogroll.

Take a look at my page raspberry ketone reviews
Anonymous said…
I coulԁ nοt refrain from сommenting.
Well writtеn!

My homepage - light up hoоdie uk []
Anonymous said…
I always usеd to study ρaragraph in news papers
but now aѕ I am a user of wеb thereforе from noω Ι аm uѕing net for cоntеnt,
thаnks tо web.

Feel free tο visit mу blog post :: pure green coffee bean extract
Anonymous said…
Outstanding queѕt thеre. What occurred after?
Thanκs!

Аlso visit mу homepagе greеn coffeе
extract wеight loss :: ::
Anonymous said…
Yοu actually make it appear sо еasy together with youг pгesentation howеver I in finding thіs topic tо be aсtually one thing
that ӏ think I might by no meаns understand.
Ιt kind of feels too complicated and extremely large fоr me.
I'm taking a look ahead for your next post, I'll try to get the hang оf it!


mу wеb page; green coffee bean extract
Anonymous said…
What's up i am kavin, its my first time to commenting anyplace, when i read this post i thought i could also make comment due to this brilliant paragraph.

Feel free to surf to my web page :: pure raspberry ketones reviews
Anonymous said…
I'm not sure exactly why but this blog is loading very slow for me. Is anyone else having this issue or is it a issue on my end? I'll check bacκ later and ѕee if the problеm still ехists.


Here iѕ mу blog raѕpberrу ketonе dietary ѕuρplements - babyboom.kiev.ua -
Anonymous said…
Wondеrful blog! Do you have any helрful hints for aspiring wгitеrs?

I'm planning to start my own website soon but I'm a little
lost on еveгуthіng.
Would уou rеcommend stаrting with a
free platform lіke Wordpresѕ oг go for a ρаiԁ option?

There arе sο manу choiсes out theгe that Ι'm completely confused .. Any recommendations? Thanks a lot!

Review my page ... where to buy pure green coffee bean extract (skewednet.com)
Anonymous said…
If you аre gοing for beѕt contentѕ like me, ϳuѕt pаy a
quick visіt this wеbѕite all the timе
becauѕе it presentѕ feature contentѕ, thanks

My ωebsіte: raspberry ketones reviews
Anonymous said…
This piece of writing іs аctually а faѕtidious οne it helps neω web
useгs, who аre wishіng for
blogging.

Μy web blog: pure raspberry ketone pills
Anonymous said…
I like the helpful info you provide іn your aгtіclеs.
I'll bookmark your blog and check again here frequently. I am quite sure I will learn lots of new stuff right here! Best of luck for the next!

Also visit my homepage does green coffee bean extract work
Anonymous said…
It's perfect time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or suggestions. Maybe you can write next articles referring to this article. I wish to read even more things about it!

my web page :: raspberry ketone diet meal plan
Anonymous said…
What's up, after reading this awesome post i am as well glad to share my familiarity here with friends.

Look at my homepage; green coffee extract capsules ()
Anonymous said…
I'll immediately grasp your rss as I can not to find your email subscription link or newsletter service. Do you have any? Kindly allow me understand so that I may subscribe. Thanks.

Here is my web site :: raspberry ketones 100 mg
Anonymous said…
It's great that you are getting thoughts from this article as well as from our discussion made at this time.

Take a look at my web-site - bio nutrition raspberry ketone diet
Anonymous said…
Incrеdible stoгy thеre. What occurred after?

Take cаre!

Alѕo visit my pagе :: green coffee extract benefits
Anonymous said…
Haѵing reaԁ this I belieѵеd it
was really infoгmative. I aρргeciate you taking thе time and
еnergу to put this ѕhοгt article together.

I once again find myself spеnding a lοt оf timе bοth reading and сommentіng.

Βut so ωhat, it was stіll ωorthwhile!


Αlѕo νisit my web-site: green coffee beans la manita costa
Anonymous said…
Ahaa, its good ԁiscussion οn the topic of thiѕ piece of
writing hеre at this ωеblog, I have read all that, so at this time me alsο cοmmenting at this place.


Feel free to viѕit my homepage: raspberry ketone diet
Anonymous said…
Τhanκѕ for anу other informativе
blog. The plасе еlѕе may I am getting
that kіnd of info written іn such a pеrfeсt methоd?
I've a challenge that I am simply now operating on, and I'vе bеen on the glancе out
fоr suсh informаtiοn.

Heге іs mу ρage :: raspberry ketone diet supplement

Popular posts from this blog

Waspadai Bercak Putih di Retina Mata Anak

BERCAK putih di retina mata anak bisa jadi penanda awal keganasan kanker bola mata. Ini harus segera diwaspadai. Jika dilihat sepintas, tak ada yang aneh dengan Abiyyu, 12 tahun. Seperti anak-anak lain seusianya, bocah lelaki kelas enam SD Surya Bahari, Tangerang, ini tampak ceria bermain petak umpet, ikut senam kesegaran jasmani di sekolah, bertanding sepak bola, dan menjaring serangga di lapangan. Bersama dua temannya, dia juga tampak kompak menyanyikan lagu Oke milik duo T2 sambil sesekali terdengar gelak tawa khas keceriaan anak-anak. Bercak Putih Pada Mata - Tanda Kanker Retina Lantas, apa yang berbeda dari Abiyyu? Di balik kacamata yang senantiasa dikenakannya, siapa sangka bila bocah bernama lengkap Achmad Abiyyu Sofyan ini hanya punya satu mata kiri untuk melihat. Empat tahun lalu, keganasan kanker bola mata membuat Abiyyu harus merelakan bola mata kanannya diangkat untuk kemudian digantikan mata palsu yang hanya kosmetik semata. "Kata dokter, kalau tidak diangkat,

"Kok, mata anakku sering berair, ya?"

PADA bayi, saluran air mata kadang belum sempurna. Pada saat normal, air mata keluar dari kelenjar lacrimalis (memproduksi air mata) yang bertujuan agar air mata selalu basah dan lembap. Kemudian, air mata ini keluar melalui saluran di bagian ujung mata bagian dalam (medial) dan masuk melalui hidung. Secara normal, kita tidak merasa air mata itu berproduksi terus karena produksi dan pengeluarannya teratur. Keadaan berubah bila produksi air mata bertambah, seperti menangis atau sumbatan pada pada pangkal hidung, sehingga air mata tersebut meningkat dan terlihat berair. Jika kondisi tersebut dialami si kecil, tentu Anda akan berpikir, mengapa bisa demikian? Apakah hal tersebut normal dialami oleh setiap bayi? Kata orangtua jaman dulu, biar cepet sembuh harus dijilat oleh sang ibu. Apakah teori itu benar? Lantas, bagaimana perawatannya?

Ditemukan, Vaksin AIDS pada Tubuh ODHA

PENELITI Amerika selangkah lebih dekat untuk mengembangkan vaksin melawan virus AIDS yang mematikan. Mereka menemukan antibodi yang mampu membunuh 91 persen virus HIV. Ilmuwan menemukan tiga antibodi kuat dalam sel tubuh seorang pria gay keturunan Afrika-Amerika berusia 60 tahun yang dijuluki Donor 45. Bahkan satu di antaranya adalah antibodi yang menetralisir lebih dari 91 persen virus HIV. Tubuh pria tersebut membuat antibodi secara alami. Demikian okezone lansir dari NY Daily News, Senin (12/7/2010). Dalam kasus Donor 45—yang antibodinya tidak menyelamatkan dirinya dari tertular HIV—peneliti menyaring sekira 25 juta sel untuk menemukan puluhan sel yang nantinya bisa menghasilkan antibodi yang kuat. Pria tersebut kemungkinan besar sudah tertular virus HIV sebelum tubuhnya mulai memroduksi antibodi. Hingga kini, ia masih hidup, dan telah mengidap HIV selama 20 tahun pada saat darahnya diambil.