Skip to main content

Tanya Jawab Tentang Anak

SEMAKIN besar, ada saja ulah anak yang bikin Moms kagum sekaligus kalang kabut. Tak jarang Moms berucap, “Wow, anakku hebat!”, kali lain “Aduh, wajar nggak sih ini? atau “Kenapa begini... terus harus bagaimana dong?”.

Nah, segala pertanyaan soal tumbuh kembang si 1 – 2 tahun yang Moms lemparkan ke redaksi, telah dijawab secara khusus oleh dr. Mas Wishnuwardhana Widjanarko, SpA, M.Si. Med, Dokter Spesialis Anak dari RS Hermina Grand Wisata dan Global Awal Bros Hospital, Bekasi. Yuk, temukan jawabannya!



T : Dok, hingga kini anak saya (24 bulan) belum bisa berhenti mengisap jempolnya. Ritual itu dilakukannya pada saat tidur. Biasanya, dia berganti jempol, entah itu jempol kanan atau kiri. Untuk menghilangkan kebiasaan itu, saya mengolesi jempolnya dengan tanaman pahit. Tapi, dia malah ngamuk dan susah tidur. Dok, bagaimana mengatasinya?

J : Ibu, coba alihkan perhatian si anak. Misalnya, sebelum tidur, ajaklah dia bermain atau mendongeng.Tapi, kalau cara itu belum ampuh juga, coba periksakan si kecil ke DSA, apakah dia memiliki kelainan syaraf. Atau Ibu dapat berkonsultasi kepada psikolog anak untuk mengetahui benarkah pola asuh Ibu.




T : Dok, anak saya (24 bulan), setiap kali dilatih berjalan, kakinya langsung dilipat. Saya sudah berusaha ke dokter, pengobatan alternatif, namun belum berhasil juga. Lalu, apalagi yang harus saya lakukan?; Benarkah mitos yang mengatakan setelah makan ikan laut tidak boleh langsung minum susu. Katanya, harus ada rentang waktu sekitar 4 jam; Mengapa anak saya setiap akan tidur harus minum susu, meski dia sudah makan?

J : Sebaiknya, terlebih dulu periksakan kondisi anak ke DSA untuk melihat hasil pemeriksaan syarafnya, adakah kelainan atau kelumpuhan. Tentang mitos setelah makan ikan laut tidak boleh langsung minum susu itu adalah tidak benar. Berikutnya, soal kebiasaan minum susu setiap kali hendak tidur walau sudah kenyang. Sebenarnya, hal itu karena Ibu memang membiasakan si kecil mengasup susu sehingga anak sudah terbiasa dengan pola seperti itu.



T : Dok, apakah keterlambatan berjalan itu memang ada hubungannya dengan imunisasi? Benarkah anak hanya melengkapi imunisasi dasar saja atau harus dengan imunisasi lanjutan?

J : Sesungguhnya, keterlambatan berjalan itu tidak ada hubungannya dengan imunisasi. Sebab, ada beberapa hal yang berpotensi mengakibatkan hal itu terjadi, seperti otot lemah atau lumpuh; penyakit syaraf yang menyerang syaraf berjalannya; gizi kurang atau buruk; atau stimulasi lingkungan sekitar - kurang dilatih berjalan. Sebaiknya, imunisasi dasar diikuti pula dengan imunisasi lanjutan. Pasalnya, kadar kekebalan tubuh anak mulai menurun, sehingga dia perlu mendapat imunisasi lanjutan agar kekebalan tubuhnya normal terhadap kuman.



T : Dok, saya bingung nih. Anak saya usianya 16 bulan, tapi beratnya masih 8 kg. Apakah itu normal? Bagaimana saya tahu berat normal sesuai usianya? Dan bagaimana pula meningkatkan nafsu makan anak?

J : Sayangnya, saya kurang tahu pasti berapa bobot badan bayi Ibu pada bulan sekarang dan sebelumnya. Nah, berat badan ini sebetulnya bisa diplotkan pada kurva pertumbuhan. Bila garisnya masih sejajar dengan kurva pertumbuhan, bisa dikatakan BB-nya tergolong normal growth. Namun, bila BB naik, tapi tidak sesuai dengan kurva pertumbuhan atau tetap atau turun dibanding BB sebelumnya, maka BB bayi tidak normal dan harus dicari. Untuk meningkatkan nafsu makan, Ibu bisa memberikan suplemen nafsu makan, juga vitamin dan mineral.



T : Kalau saya perhatikan rambut anak saya (15 bulan) tipis banget. Padahal, saya sudah dua kali menggundulinya, saat usianya 1 bulan dan 12 bulan. Dan tiap habis keramas, saya rajin mengolesi dan memijat kepala dengan hair lotion kemiri. Tapi, tetap saja rambutnya tipis. Bagaimana ya Dok agar rambut anak saya bisa lebat?

J : Umumnya tebal-tipisnya rambut ada kaitannya dengan faktor keturunan dan gizi anak. Jika memang ada faktor keturunan orangtua memiliki rambut tipis, maka anak pun akan mengalami hal serupa. Begitu pula dengan gizi anak. Bila gizinya kurang atau buruk, maka rambut-nya pun cenderung lebih tipis. Nah, tetap perhatikan asupan gizi anak yang mengandung empat sehat lima sempurna.



T : Dok, anak saya (18 bulan) dengan berat badan10 kg. Dulu, dia terlahir pada usia kehamilan 7 bulan dengan BB: 1,1 kg. Selama 2 bulan, dia dirawat di inkubator. Dan selama di RS, dia transfusi sebanyak 3 kali karena anemia, tapi paru-paru normal. Pertanyaannya adalah benarkah tumbuh kembang anak prematur itu berbeda dengan anak usianya yang lahir normal? Apakah benar anak prematur itu gampang alergi sebab anak saya termasuk sensitif terhadap makanan - dilarang DSA-nya makan telur, seafood, juga susu berlemak tinggi; Lalu, bila anak sudah mendapat imunisasi varilix, apakah dia perlu diimunisasi MMR?

J : Memang, pertumbuhan anak prematur dengan anak lahir dengan cukup bulan dan BB cukup adalah berbeda. Kondisi anak prematur, organ-organnya belum matang ketimbang bayi cukup bulan, seperti otak, paru, saluran pencernaan, sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, dia lebih mudah terkena alergi. Mengenai alerginya, coba lakukan tes alergi dari makanannya, sehingga Ibu bisa merencanakan makanan anak yang dihindari atau yang tidak bisa diasup anak. Tentang vaksin MMR - Measles (campak), Mumps (gondongan), Rubella - itu bisa diberikan kepada anak, meski sebelumnya dia mendapat imuniasai varilix (berisi varicella atau cacar air). Sebaiknya, pemberian vaksin varilix dan MMR diberikan jarak dua minggu.


(Mom& Kiddie//ftr)
Sumber: www.lifestyle.okezone.com

Comments

Anonymous said…
dok, saya mau bertanya, berapa batasan umur pasien untuk dokter spesialis anak? apakah 12 thn?
Unknown said…
dok, anak saya baru berumur 7hari, dia bernafas lewat mulut,seketika mulutnya saya tutup maka hembusan nafas dari hidungnya seperti ada yang tersumbat atau seperti orang yang sedang mendengkur. apa penyebabnya dok?
kemudian berapa banyak kadar minuman susu formula perhari untuk bayi saya, karena tiap jam sekali bayi saya minum 30ml susu formula,karena bayi saya tidak mau minum asi dari ibunya dikarenakan puting yang tidak panjang.
mohon bantuan infonya dok,,
terima kasih
Unknown said…
dok, kenapanya anak saya umur 14 bulan belum bisa duduk dan merangkak ...
gimana solusinya dok ...
Judul Djudulan said…
Mau tanya dok,, ini saya punya bayi usia 17 bulan.. Setiap malam bayi saya selalu keringatan. tapi badannya dingin sekali / Keringat Dingin , hal seperti itu normal atau bagaimana?
Unknown said…
Dok sy mw tny...ank sy usia 22bulan brt bdnnya 8kg.blm bs jalan dan blm bisa bicara..tp tiap hari tetah trs.bgaimana?
Unknown said…
Dok sy nw tny... Ank sy usia nya mau maduk 3 thn.. Dia susah x BAB.. Klw BAB slalu 4 hari sekali.. Pernah sy kasih microlax agar bab ny lancar, tp cuma sekali. Setelah itu balik gak bab lg. Gimana solusi ny agar anak bisa bab setiap hari ?? Dan apakah boleh sy memberi kan obat microlax setiap hari nya??
Unknown said…
Dok..sy dan mantan istri sy sdh bercerai selama 5th..kami pny seorang anak cewe skrg umur 10 th dan tinggal dgn ibunya di kota yg berbeda dgn sy...ada waktu2 tertentu sy menemui anak sy ..tp setelah bertemu disaat sy mau plg ke kota sy...anak sy slalu nangis dan blg ingin ikut sy ...sdgkan dia hrs sekolah....jd sy blg "berbohong" bahwa sy bsk akan menemui dia lg....salahkah tindakan sy dgn berbohong kpd anak sy...sebab anak sy susah diksh pengertian...dlm hati sy merasa bersalah...dulu sy merasa bersalah pd anak sy...dan skrg hrs berbohong dan membuat dia kecewa lg......tolong penjelasannya apakah tindakan sy ini benar ???
Unknown said…
Dok, kenalkan nama saya mita (30 th). Saya mau konsultasi dok, saya punya anak laki laki usia 5th tapi bila diajak ngomong suka gak nyambung dan cadel tdk bisa mengucapkan huruf R. Padahal teman seusianya cerdas dan bisa disuruh2. Saya sedih dok. Dulu waktu usianya masih 6bln anak saya jatuh dari tempat tidur. Apa ini ada kaitannya dok? Bagaimana cara mengobati anak saya. Apa ada terapinya?
Unknown said…
dok ank q usia 1,7 q suka ksel dg tinggkhny yg mkin nakal kdg q mrh2in tp akhir ni klo q mrh dia diam knp y ...diam duduk pdhl msh 1,7 .....
denis said…
dok, anakku laki2 makin tambah usia kok makin cengeng dan pemarah yg menjadi-jadi seperti melempar-lempar benda yg ada disekitarnya, memukul, kadang kami sebagai orangtua suka terpancing emosinya bila kemarahanya tidak bisa direda, apa yg harus dilakukan kami sbg ortu untuk menghilsngkan sifat pemarah trsebut. anak kami umur 8 tahun
Unknown said…
dok,tanya susu yang baik untuk kepadatan dan petumbuhan tulang anak usia 4 tahun
Unknown said…
Ass.wrwb
Dok,saya ingin bertanya apakah benar bayi usia 2 bulan diperbolehkan puasa dan dapatkah bayi usia 2 bulan kadar gulanya mencapai 500.
Wasalam
Unknown said…
Ass.wrwb
Dok,saya ingin bertanya apakah benar bayi usia 2 bulan diperbolehkan puasa dan dapatkah bayi usia 2 bulan kadar gulanya mencapai 500.
Wasalam
Unknown said…
Selamat siang dok
Dlk saya punya anak umur 17bln tetapi sampai sekarang blom bisa menuasai banyak kata hanya bisa bbrp kata saja seperti ayah,mbah,bubu.
Selain dengan kita ajak berkomunikasi apakah ada cara lain agar anak saya bisa cepat berbicara.terimakasih
Unknown said…
Selamat malam dok.anak kami umurnya 18 bulan.sudah sekitar 2 minggu flu,ingusnya ga berhenti.bahkan sekitar 3 hari ini ingusnya sampai ada yg keluar dari telinga kiri.kemarin sudah konsul ke dokter anak di RS solo dan dikasih antibiotik dan obat tetes telinga TARIVID OFLOXACIN. Tapi Kami coba searching katanya obat tetes ini tidak baik untuk anak-anak.gimana dok?kami lanjut obat tetesnya ato stop?dan efek nya apa jika lanjut?serta ada obat lain yg tdk brbahaya untuk anak?trimakasih
Unknown said…
Ass, Wr.Wb
Selamat sore dok, mau tanya.. saya punya anak perempuan umur 8bln+, ASI Aktif, tapi sulit untuk belajar makan MPASI, hal ini berpengaruh terhadap berat badanya yang kurang lebih 6,5 Kg, namun banyinya sehat & aktif, bahkan sudah mempunyai gigi sebanyak 6 buah.
apakah hal ini wajar ? atau perlu penanganan yang lebih ? & bagaimana solusi agar anak saya mau makan MPASI ?
Unknown said…
Sore dok sya mw tanya anak saya sudah 4 hari ini batuk pilek,trus saya sdh kek dokter dan di kaseh obaty amocillin Ama puyer,pas saya tw amoxicillin itu tdk tepat utk batuk pilek saya langsung stop bru 3x sya kaseh minum,trus gmn dok amocillin saya lanjutkan sampai 7 hari atau stop saha
Unknown said…
Dokter saya ingin bertanya tentang imunisasi campak dan rubella...jika anak saya baru kmrn umur 2.5 th dan baru 2 bln kmrn imunisasi campak ulang..apakah hrs ikut imunisasi campak dan rubella...jika rubella saja saya ingin anak saya di imunisasi.. tp apakah vaksinnya ini jd satu atau pisah ..trimakasih
Dulhak said…
Dok bayi saya berusia 7bln pup trus udh mau 2minggu.sy udh 3x brbt k dokter.tp msh blm ad perubahan.itu gmn dok.mhn bantuannya
Unknown said…
Salam, mohon info dok. U/ anak usia 9th blm bisa jalan dan blm lancar bicara harus konsultasi kemana u/ rujukan diaqnosa fisik dll. Tks

Popular posts from this blog

Waspadai Bercak Putih di Retina Mata Anak

BERCAK putih di retina mata anak bisa jadi penanda awal keganasan kanker bola mata. Ini harus segera diwaspadai. Jika dilihat sepintas, tak ada yang aneh dengan Abiyyu, 12 tahun. Seperti anak-anak lain seusianya, bocah lelaki kelas enam SD Surya Bahari, Tangerang, ini tampak ceria bermain petak umpet, ikut senam kesegaran jasmani di sekolah, bertanding sepak bola, dan menjaring serangga di lapangan. Bersama dua temannya, dia juga tampak kompak menyanyikan lagu Oke milik duo T2 sambil sesekali terdengar gelak tawa khas keceriaan anak-anak. Bercak Putih Pada Mata - Tanda Kanker Retina Lantas, apa yang berbeda dari Abiyyu? Di balik kacamata yang senantiasa dikenakannya, siapa sangka bila bocah bernama lengkap Achmad Abiyyu Sofyan ini hanya punya satu mata kiri untuk melihat. Empat tahun lalu, keganasan kanker bola mata membuat Abiyyu harus merelakan bola mata kanannya diangkat untuk kemudian digantikan mata palsu yang hanya kosmetik semata. "Kata dokter, kalau tidak diangkat,

"Kok, mata anakku sering berair, ya?"

PADA bayi, saluran air mata kadang belum sempurna. Pada saat normal, air mata keluar dari kelenjar lacrimalis (memproduksi air mata) yang bertujuan agar air mata selalu basah dan lembap. Kemudian, air mata ini keluar melalui saluran di bagian ujung mata bagian dalam (medial) dan masuk melalui hidung. Secara normal, kita tidak merasa air mata itu berproduksi terus karena produksi dan pengeluarannya teratur. Keadaan berubah bila produksi air mata bertambah, seperti menangis atau sumbatan pada pada pangkal hidung, sehingga air mata tersebut meningkat dan terlihat berair. Jika kondisi tersebut dialami si kecil, tentu Anda akan berpikir, mengapa bisa demikian? Apakah hal tersebut normal dialami oleh setiap bayi? Kata orangtua jaman dulu, biar cepet sembuh harus dijilat oleh sang ibu. Apakah teori itu benar? Lantas, bagaimana perawatannya?

Ditemukan, Vaksin AIDS pada Tubuh ODHA

PENELITI Amerika selangkah lebih dekat untuk mengembangkan vaksin melawan virus AIDS yang mematikan. Mereka menemukan antibodi yang mampu membunuh 91 persen virus HIV. Ilmuwan menemukan tiga antibodi kuat dalam sel tubuh seorang pria gay keturunan Afrika-Amerika berusia 60 tahun yang dijuluki Donor 45. Bahkan satu di antaranya adalah antibodi yang menetralisir lebih dari 91 persen virus HIV. Tubuh pria tersebut membuat antibodi secara alami. Demikian okezone lansir dari NY Daily News, Senin (12/7/2010). Dalam kasus Donor 45—yang antibodinya tidak menyelamatkan dirinya dari tertular HIV—peneliti menyaring sekira 25 juta sel untuk menemukan puluhan sel yang nantinya bisa menghasilkan antibodi yang kuat. Pria tersebut kemungkinan besar sudah tertular virus HIV sebelum tubuhnya mulai memroduksi antibodi. Hingga kini, ia masih hidup, dan telah mengidap HIV selama 20 tahun pada saat darahnya diambil.