Skip to main content

Bahaya Terlalu Lama Didepan Laptop dan Cara Mengatasinya

Menurut Dokter Andi Mursali, penyakit akibat kerja memang ada, yaitu penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan, alat kerja, bahan, proses maupun lingkungan kerja. Penyakit ini bisa `menjangkiti' siapa pun, baik mereka yang bekerja di kantoranmaupun pabrik-pabrik.

Penyakit yang biasa dialami pekerja di kantoran, yaitu nyeri di tulang punggung, tulang leher. Penyebabnya, posisi duduk yang tidak benar, atau posisi bangku yang tidak ergonomis. Karena itu, perhatikan posisi duduk saat bekerja. Jangan bungkuk, tapi tegak badan menempel di sandaran. Perhatikan tinggi-rendahnya kursi yang Anda gunakan harus sesuai tinggi meja. Jangan sampai kursi disetel terlalu rendah, atau lebih tinggi dari meja. Pilihlah sandaran kursi yang lembut, terbuat dari bahan yang tidak kasar. Ketika bahu Anda rebahkan ke sandaran kursi terasa nyaman. 

Kantor identik dengan komputer. Barang elektronik yang satu ini andil sebagai penyebab sakit akibat kerja. `'Terlalu lama di depan komputer menyebabkan mata lelah, mata menjadi cepat berair,'' kata Andi.

Cara mengatasinya, jangan terus-menerus, sampai berjam-jam, di depan komputer. Mata Anda pasti lelah berjam-jam melihat huruf-huruf, angka-angka, gambar di layar komputer. Maksimal sejam, setelah itu selingi penglihatan ke arah lain. Anda bisa sejenak jalan-jalan keluar melihat pemandangan lain agar mata kembali segar. 

Comments

Popular posts from this blog

Waspadai Bercak Putih di Retina Mata Anak

BERCAK putih di retina mata anak bisa jadi penanda awal keganasan kanker bola mata. Ini harus segera diwaspadai. Jika dilihat sepintas, tak ada yang aneh dengan Abiyyu, 12 tahun. Seperti anak-anak lain seusianya, bocah lelaki kelas enam SD Surya Bahari, Tangerang, ini tampak ceria bermain petak umpet, ikut senam kesegaran jasmani di sekolah, bertanding sepak bola, dan menjaring serangga di lapangan. Bersama dua temannya, dia juga tampak kompak menyanyikan lagu Oke milik duo T2 sambil sesekali terdengar gelak tawa khas keceriaan anak-anak. Bercak Putih Pada Mata - Tanda Kanker Retina Lantas, apa yang berbeda dari Abiyyu? Di balik kacamata yang senantiasa dikenakannya, siapa sangka bila bocah bernama lengkap Achmad Abiyyu Sofyan ini hanya punya satu mata kiri untuk melihat. Empat tahun lalu, keganasan kanker bola mata membuat Abiyyu harus merelakan bola mata kanannya diangkat untuk kemudian digantikan mata palsu yang hanya kosmetik semata. "Kata dokter, kalau tidak diangkat,

"Kok, mata anakku sering berair, ya?"

PADA bayi, saluran air mata kadang belum sempurna. Pada saat normal, air mata keluar dari kelenjar lacrimalis (memproduksi air mata) yang bertujuan agar air mata selalu basah dan lembap. Kemudian, air mata ini keluar melalui saluran di bagian ujung mata bagian dalam (medial) dan masuk melalui hidung. Secara normal, kita tidak merasa air mata itu berproduksi terus karena produksi dan pengeluarannya teratur. Keadaan berubah bila produksi air mata bertambah, seperti menangis atau sumbatan pada pada pangkal hidung, sehingga air mata tersebut meningkat dan terlihat berair. Jika kondisi tersebut dialami si kecil, tentu Anda akan berpikir, mengapa bisa demikian? Apakah hal tersebut normal dialami oleh setiap bayi? Kata orangtua jaman dulu, biar cepet sembuh harus dijilat oleh sang ibu. Apakah teori itu benar? Lantas, bagaimana perawatannya?

Ditemukan, Vaksin AIDS pada Tubuh ODHA

PENELITI Amerika selangkah lebih dekat untuk mengembangkan vaksin melawan virus AIDS yang mematikan. Mereka menemukan antibodi yang mampu membunuh 91 persen virus HIV. Ilmuwan menemukan tiga antibodi kuat dalam sel tubuh seorang pria gay keturunan Afrika-Amerika berusia 60 tahun yang dijuluki Donor 45. Bahkan satu di antaranya adalah antibodi yang menetralisir lebih dari 91 persen virus HIV. Tubuh pria tersebut membuat antibodi secara alami. Demikian okezone lansir dari NY Daily News, Senin (12/7/2010). Dalam kasus Donor 45—yang antibodinya tidak menyelamatkan dirinya dari tertular HIV—peneliti menyaring sekira 25 juta sel untuk menemukan puluhan sel yang nantinya bisa menghasilkan antibodi yang kuat. Pria tersebut kemungkinan besar sudah tertular virus HIV sebelum tubuhnya mulai memroduksi antibodi. Hingga kini, ia masih hidup, dan telah mengidap HIV selama 20 tahun pada saat darahnya diambil.