Skip to main content

Ngemil Sehat untuk si Bumil

MEMILIH snack praktis dan sehat untuk bumil memang harus jeli. Pasalnya snack atau kudapan yang dipilih harus kaya gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Diungkapkan oleh dr Maria Ignasia Tjahjadi, M.Kes dari RS Royal Taruma-Jakarta, snack untuk ibu hamil yang penting mengandung tiga hal utama, yaitu tinggi protein, tinggi serat, dan mengandung lemak tak jenuh.

Buah potong, havermut, & sayuran

Untuk camilan yang mengandung tinggi serat, dr Maria menyarankan agar bumil mengonsumsi buah potong, sayuran, havermut (oatmeal), crackers, atau makanan yang berasal dari gandum sebagai sumber karbohidrat kompleks. Makanan tinggi serat ini cukup mengenyangkan walaupun dikonsumsi dalam porsi kecil. Selain itu sarat manfaat, dengan cukup asupan serat maka bumil dapat terhindar dari sembelit.



Tentu saja agar bumil tidak bosan, sayuran dan buah dapat diolah menjadi salad. Dan memang, makan buah potong lebih dianjurkan ketimbang jus buah. Pasalnya, saat memakan buah potong ada proses mengunyah sehingga bumil merasa lebih kenyang ketimbang dengan minum jus buah.

Buah yang baik

Buah yang disarankan adalah apel, pear, jeruk, mangga. Satu buah apel dengan berat 85 gram mengandung 50 kalori. Sepadan dengan 20 buah anggur dengan berat 165 gram, 2 buah jeruk manis dengan berat 110 gram, dan ¾ buah mangga dengan berat 90 gram yang masing-masing juga mengandung 50 kalori.

Khusus untuk buah apel, cara memakannya tidak perlu dikupas kulitnya. Cukup dicuci bersih karena kulit apel mengandung antioksidan yang baik untuk bumil. Hal yang sama berlaku untuk buah anggur, biji anggur sebaiknya dimakan karena mengandung antioksidan.

Tiga macam golongan sayuran

1. Sayuran golongan A, yakni sayuran yang kalorinya dapat diabaikan. Jadi sebanyak apapun dimakan, kalorinya tidak ada (nol). Contohnya antara lain tomat, timun, selada, dan lobak.

2. Sayuran golongan B, seperti kangkung, bayam, caisim, dan sejenisnya.

3. Sayuran golongan C, yakni sayuran yang paling tinggi kalorinya, contohnya bayam merah, kapri, daun singkong, nangka muda.

Perlu diingat, dalam memasak sayuran jangan terlalu lama agar vitamin dan mineralnya tidak terbuang. Sayuran cukup direbus, dikukus, atau ditumis sebentar. Sedangkan untuk sayuran yang dimakan segar (dilalap) harus dicuci bersih terlebih dulu untuk menghindarkan bumil terkena virus toksoplasma.

Lemak tak jenuh

Untuk pilihan snack yang tinggi protein, bumil dapat memilih telur, dianjurkan memakan 1-2 butir per hari. Protein diperlukan untuk pertumbuhan jaringan pada janin.

Sedangkan untuk camilan yang memiliki lemak tak jenuh tinggi bisa diperoleh dari kacang-kacangan - seperti kacang almond, walnut, kenari -, olive oil, alpukat, dan ikan.

Kacang-kacangan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, almond, dan walnut. Sebaiknya proses penyajiannya direbus atau dipanggang (roasted). Jangan terlalu sering digoreng. Kacang-kacangan ini sangat dianjurkan juga selama proses laktasi nantinya.

Cara penyajian

Nah, buah alpukat kaya akan asam folat yang baik untuk bumil dan janin yang berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah. Sebuah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat, jumlah ini cukup memenuhi 30 persen kebutuhan asam folat ibu hamil.

Untuk cara penyajiannya, disarankan dikeruk buahnya terlebih dulu. Jangan dicampur susu full cream atau gula terlalu banyak, apalagi kalau bumil sudah overweight. Tapi bagi bumil yang beratnya masih normal, sesekali boleh saja! Sedangkan penyajian ikan sebaiknya ditim, dipepes, atau dibakar jangan sampai hangus.

Jenis makanan lain yang dianjurkan adalah sup dengan kombinasi sayuran dan protein berupa daging ayam atau ikan, selang-seling dengan daging merah (sapi). Sayur bening juga bisa menjadi pilihan, yang isinya terdiri dari bayam dan jagung yang kaya akan zat besi.


(Mom& Kiddie//ftr)
Sumber: www.lifestyle.okezone.com

Comments

Popular posts from this blog

Waspadai Bercak Putih di Retina Mata Anak

BERCAK putih di retina mata anak bisa jadi penanda awal keganasan kanker bola mata. Ini harus segera diwaspadai. Jika dilihat sepintas, tak ada yang aneh dengan Abiyyu, 12 tahun. Seperti anak-anak lain seusianya, bocah lelaki kelas enam SD Surya Bahari, Tangerang, ini tampak ceria bermain petak umpet, ikut senam kesegaran jasmani di sekolah, bertanding sepak bola, dan menjaring serangga di lapangan. Bersama dua temannya, dia juga tampak kompak menyanyikan lagu Oke milik duo T2 sambil sesekali terdengar gelak tawa khas keceriaan anak-anak. Bercak Putih Pada Mata - Tanda Kanker Retina Lantas, apa yang berbeda dari Abiyyu? Di balik kacamata yang senantiasa dikenakannya, siapa sangka bila bocah bernama lengkap Achmad Abiyyu Sofyan ini hanya punya satu mata kiri untuk melihat. Empat tahun lalu, keganasan kanker bola mata membuat Abiyyu harus merelakan bola mata kanannya diangkat untuk kemudian digantikan mata palsu yang hanya kosmetik semata. "Kata dokter, kalau tidak diangkat,

"Kok, mata anakku sering berair, ya?"

PADA bayi, saluran air mata kadang belum sempurna. Pada saat normal, air mata keluar dari kelenjar lacrimalis (memproduksi air mata) yang bertujuan agar air mata selalu basah dan lembap. Kemudian, air mata ini keluar melalui saluran di bagian ujung mata bagian dalam (medial) dan masuk melalui hidung. Secara normal, kita tidak merasa air mata itu berproduksi terus karena produksi dan pengeluarannya teratur. Keadaan berubah bila produksi air mata bertambah, seperti menangis atau sumbatan pada pada pangkal hidung, sehingga air mata tersebut meningkat dan terlihat berair. Jika kondisi tersebut dialami si kecil, tentu Anda akan berpikir, mengapa bisa demikian? Apakah hal tersebut normal dialami oleh setiap bayi? Kata orangtua jaman dulu, biar cepet sembuh harus dijilat oleh sang ibu. Apakah teori itu benar? Lantas, bagaimana perawatannya?

Ditemukan, Vaksin AIDS pada Tubuh ODHA

PENELITI Amerika selangkah lebih dekat untuk mengembangkan vaksin melawan virus AIDS yang mematikan. Mereka menemukan antibodi yang mampu membunuh 91 persen virus HIV. Ilmuwan menemukan tiga antibodi kuat dalam sel tubuh seorang pria gay keturunan Afrika-Amerika berusia 60 tahun yang dijuluki Donor 45. Bahkan satu di antaranya adalah antibodi yang menetralisir lebih dari 91 persen virus HIV. Tubuh pria tersebut membuat antibodi secara alami. Demikian okezone lansir dari NY Daily News, Senin (12/7/2010). Dalam kasus Donor 45—yang antibodinya tidak menyelamatkan dirinya dari tertular HIV—peneliti menyaring sekira 25 juta sel untuk menemukan puluhan sel yang nantinya bisa menghasilkan antibodi yang kuat. Pria tersebut kemungkinan besar sudah tertular virus HIV sebelum tubuhnya mulai memroduksi antibodi. Hingga kini, ia masih hidup, dan telah mengidap HIV selama 20 tahun pada saat darahnya diambil.