Skip to main content

Kenali Kelainan Kulit Bayi & Anak

FAKTA menyebutkan, hampir 90 persen bayi di Indonesia pernah mengalami masalah kulit. Keterbatasan informasi mengenai perawatan kulit bayi yang kurang tepat adalah salah satu penyebabnya.

Ketua PPP Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dr Titi Lestari Sugito SpKK mengatakan bahwa kulit bayi atau anak relatif rentan terhadap berbagai kelainan kulit dibandingkan dewasa. “Di Indonesia, hampir 90 persen bayi pernah alami masalah kulit,” tandas.

Titi dalam acara yang diadakan oleh Johnson’s Baby Day bertema “Fakta di Balik Kulit Si Kecil” sekaligus juga dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional di Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.



Titi menjelaskan, salah satu penyebabnya ialah terbatasnya pengetahuan dan informasi mengenai kurang tepatnya perawatan pada kulit bayi. Kulit sebagai organ terbesar yang melapisi tubuh, merupakan bagian yang berhubungan langsung dengan lingkungan luar dan merupakan lapisan pertama yang melindungi tubuh dari pengaruh buruk lingkungan.

Struktur kulit bayi memang hampir sama dengan kulit dewasa, namun fungsi kulit yang sangat membedakan. Fungsi pada kulit bayi belum sempurna. Kulit bayi lebih lembut dibandingkan kulit orang dewasa. Perbedaan lainnya, kulit bayi lebih tipis, ikatan antarsel lebih longgar, produksi kelenjar keringat dan kelenjar minyak relatif lebih sedikit.

“Pada kulit bayi, rambut lebih jarang dan halus, lebih rentan terhadap iritasi dan infeksi, serta reaktivitas reaksi alergi lebih rendah dibanding orang dewasa,” ucap dokter yang berpraktik di RS Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta ini.

Itu sebabnya, sensitif, lembut, dan mudah terkena iritasi menjadi kata-kata yang sering digunakan untuk menggambarkan kulit bayi atau balita. Pentingnya pengetahuan mengenai kulit bayi menjadi salah satu kunci untuk menghindari terjadinya masalah pada kulit bayi, seperti bagaimana melakukan perawatan kulit yang tepat untuk si kecil. Karena saat ini tidak sedikit penyebab yang memudahkan bayi terkena masalah kulit bayi, di mana hal itu menjadi tantangan orang tua dalam membesarkan bayinya.
Hal ini menjadi penting bagi para ibu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dan menimbang dengan hati-hati sebelum menentukan pilihan pada produk perawatan kulit bayi yang tepat.

Salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh bayi adalah dermatitis atopik atau yang sering disebut eksim susu. Bahkan, masalah kelainan tersebut masuk dalam 10 besar peringkat terbanyak di Poli Klinik Kulit Anak RS Dr Cipto Mangunkusumo periode 2003–2008.

“Jumlah kejadian penyakit ini meningkat seiring dengan perubahan kebiasaan, antara lain kebiasaan mandi dan penggunaan sabun yang tidak tepat, yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi,” ungkapnya.

Dermatitis seboroik menjadi masalah kulit lainnya yang dialami oleh bayi dengan ciri-ciri kulit bersisik, kemerahan, berminyak, terutama didaerah sebore (kepala, muka, telinga, dada, dan lipatan). Ada juga dermatitis popok yang disebabkan pemakaian popok yang salah (urine, tinja, gesekan, lembap), diperkirakan, sekitar 50 persen bayi pernah mengalami masalah ini.

“Jika terjadi masalah ini, bersihkan kulit dengan air dan sabun, kemudian keringkan. Orang tua juga bisa mengoleskan dengan salep atau emolien,” papar Titi.

Selain dermatitis seboroik dan popok, masalah miliaria atau keringat buntet juga cukup sering terjadi. Masalah ini umumnya disebabkan udara panas dan lembab serta kebersihan kulit kurang dan sering terjadi di bagian kulit yang berkeringat seperti dahi, dada, dan punggung. Selain itu, ada pula infeksi bakteri yang menjadi masalah kulit. Masalah kulit ini mengakibatkan bisul, koreng, dan cacar monyet. Infeksi bakteri disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus dan sireo-tococcus hemolyticus.

Perawatan khusus mutlak dilakukan agar kesehatan kulit tetap terjaga. Karena kulit bayi memiliki peranan penting sebagai sistem pertahanan kesehatan bayi secara keseluruhan sehingga perawatannya sangat penting untuk mempertahankan fungsi tersebut. “Lakukan pencegahan dengan perawatan kulit yang benar,” sarannya.

Titi berpesan, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan untuk mempertahankan kesehatan kulit yaitu menjaga kebersihan, keasaman (pH), dan kelembabannya. Penggunaan produk perawatan bayi yang memiliki tingkat kelembutan dan memenuhi standar uji klinis terhadap kemurnian bahan, potensi iritasi dan toksitisitas yang memang diformulasikan untuk bayi sangatlah diperlukan.

“Apabila kulit si kecil senantiasa sehat sedari dini, maka kulit akan berfungsi secara optimal sehingga mengurangi risiko alergi, iritasi, dan masalah kulit lainnya,” ucapnya.
Dikatakan oleh Senior Brand Manager Johnson’s, Baby Vivi Arvianti, bahwa untuk memilih produk perawatan bayi, khususnya produk yang diaplikasikan pada kulit haruslah hati-hati.

“Memilih sembarang produk berarti memberikan risiko kepada si kecil, yang sebenarnya dapat dicegah,” ujarnya dalam acara yang sama. Dengan memilih produk yang tepat, maka bayi akan terhindar dari masalah kulit yang sering terjadi.



(Koran SI/Koran SI/tty)
Sumber: www.lifestyle.okezone.com

Comments

Popular posts from this blog

Waspadai Bercak Putih di Retina Mata Anak

BERCAK putih di retina mata anak bisa jadi penanda awal keganasan kanker bola mata. Ini harus segera diwaspadai. Jika dilihat sepintas, tak ada yang aneh dengan Abiyyu, 12 tahun. Seperti anak-anak lain seusianya, bocah lelaki kelas enam SD Surya Bahari, Tangerang, ini tampak ceria bermain petak umpet, ikut senam kesegaran jasmani di sekolah, bertanding sepak bola, dan menjaring serangga di lapangan. Bersama dua temannya, dia juga tampak kompak menyanyikan lagu Oke milik duo T2 sambil sesekali terdengar gelak tawa khas keceriaan anak-anak. Bercak Putih Pada Mata - Tanda Kanker Retina Lantas, apa yang berbeda dari Abiyyu? Di balik kacamata yang senantiasa dikenakannya, siapa sangka bila bocah bernama lengkap Achmad Abiyyu Sofyan ini hanya punya satu mata kiri untuk melihat. Empat tahun lalu, keganasan kanker bola mata membuat Abiyyu harus merelakan bola mata kanannya diangkat untuk kemudian digantikan mata palsu yang hanya kosmetik semata. "Kata dokter, kalau tidak diangkat,

"Kok, mata anakku sering berair, ya?"

PADA bayi, saluran air mata kadang belum sempurna. Pada saat normal, air mata keluar dari kelenjar lacrimalis (memproduksi air mata) yang bertujuan agar air mata selalu basah dan lembap. Kemudian, air mata ini keluar melalui saluran di bagian ujung mata bagian dalam (medial) dan masuk melalui hidung. Secara normal, kita tidak merasa air mata itu berproduksi terus karena produksi dan pengeluarannya teratur. Keadaan berubah bila produksi air mata bertambah, seperti menangis atau sumbatan pada pada pangkal hidung, sehingga air mata tersebut meningkat dan terlihat berair. Jika kondisi tersebut dialami si kecil, tentu Anda akan berpikir, mengapa bisa demikian? Apakah hal tersebut normal dialami oleh setiap bayi? Kata orangtua jaman dulu, biar cepet sembuh harus dijilat oleh sang ibu. Apakah teori itu benar? Lantas, bagaimana perawatannya?

Ditemukan, Vaksin AIDS pada Tubuh ODHA

PENELITI Amerika selangkah lebih dekat untuk mengembangkan vaksin melawan virus AIDS yang mematikan. Mereka menemukan antibodi yang mampu membunuh 91 persen virus HIV. Ilmuwan menemukan tiga antibodi kuat dalam sel tubuh seorang pria gay keturunan Afrika-Amerika berusia 60 tahun yang dijuluki Donor 45. Bahkan satu di antaranya adalah antibodi yang menetralisir lebih dari 91 persen virus HIV. Tubuh pria tersebut membuat antibodi secara alami. Demikian okezone lansir dari NY Daily News, Senin (12/7/2010). Dalam kasus Donor 45—yang antibodinya tidak menyelamatkan dirinya dari tertular HIV—peneliti menyaring sekira 25 juta sel untuk menemukan puluhan sel yang nantinya bisa menghasilkan antibodi yang kuat. Pria tersebut kemungkinan besar sudah tertular virus HIV sebelum tubuhnya mulai memroduksi antibodi. Hingga kini, ia masih hidup, dan telah mengidap HIV selama 20 tahun pada saat darahnya diambil.