Skip to main content

Jangan Remehkan Gigi Sensitif

Gigi sensitif tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan. Gigi sensitif juga berefek buruk secara psikis. Rasa ngilu tak jarang membuat penderitanya uring-uringan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan lembaga independen AC Nielsen terhadap kesehatan gigi masyarakat Indonesia pada 2010 ini, tercatat sekitar 50 persen penduduk Indonesia mengalami masalah gigi ngilu yang merupakan indikasi gigi sensitif.

Data tersebut memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia belum paham tentang masalah gigi sensitif. Biasanya mereka hanya membiarkan tanpa penanganan serius karena dianggap masalah yang wajar dan hanya terjadi musiman.



Tidak sedikit seseorang menyadari masalah gigi sensitif karena mereka hanya menganggap masalah kesehatan gigi yang mengganggu sebatas pada gigi berlubang, karang gigi, dan keluhan karena perawatan estetika gigi (kawat gigi), bukan gigi sensitif yang lebih sering diabaikan. Data menyebutkan, 52 persen penderita tidak menyadarinya tanpa berkonsultasi ke dokter gigi, bahkan 50 persen penderita tetap tidak tertangani untuk problem ini.

Dental Detailing Manager Glaxo Smith Kline Consumer Healthcare, Maria Melisa menuturkan, masyarakat di sini masih banyak yang belum mengerti tentang apa yang dimaksud dengan gigi sensitif. Yang banyak mereka tahu, biasanya hanya sebatas pada gigi berlubang atau karang gigi.

“Gigi sensitif adalah gigi yang terasa ngilu tajam dan pendek saat terkena makanan atau minuman yang terlalu panas, dingin, asam, atau terkena sentuhan alat (sikat gigi), ”ucapnya dalam acara ‘Sensodyne Expert Sharing’ yang diadakan Sensodyne, beberapa waktu lalu.

Bagian gigi yang paling rentan mengalami sensitivitas adalah gigi taring, geraham kecil, dan geraham. Selain itu, gigi bagian sebelah kiri lebih sering merasakan ngilu dibandingkan sebelah kanan.

Maria menjelaskan, rasa ngilu pada gigi sensitif timbul jika ujung tubula dentin yang terbuka terkena rangsang sehingga mengubah arah pergerakan cairan di dalam tubula dentin yang meneruskan ke sensor saraf. Dari adanya gigi sensitif, disebutkan bahwa 1 dari 3 orang menderita ngilu karena hipersensitivitas dentin dengan penderita terbanyak adalah mereka yang berusia 20 sampai 50 tahun. Dengan jumlah penderita paling banyak adalah wanita.

“Diduga, itu karena wanita cenderung lebih rajin menjaga kebersihan gigi dan cara menggosok giginya terlalu keras,” tutur Maria.

Spesialis periodental dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), Drg Robert Lessang Sp Perio mengatakan, gigi sensitif memang banyak terjadi karena pola makan, seperti menyantap makanan yang terlalu panas, dingin, atau asam.


Adapun rasa ngilu pada gigi sensitif disebabkan oleh menipisnya enamel atau email (lapisan terluar gigi) yang di antaranya bisa disebabkan menyikat gigi yang salah, seperti terlalu keras menggosok gigi dan dilakukan dengan gerakan yang salah yaitu ke kiri dan kanan, padahal yang benar adalah ke atas bawah.

Teknik pemutihan gigi atau bleaching yang menggunakan bahan-bahan kimia berkonsentrasi tinggi juga bisa sebabkan penipisan email pada gigi.

Bahkan waktu menyikat gigi yang tidak tepat juga memengaruhi terjadinya pengikisan enamel gigi. Kebiasaan yang salah saat menyikat gigi seperti langsung menyikat gigi setelah sarapan karena setelah makan suasana dalam mulut bersifat asam yang memudahkan terkikisnya lapisan enamel gigi ketika digosok.

Jadi, sebaiknya menyikat gigi dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari, tujuannya memangbukan untuk membersihkan sisa makanan, tetapi untuk mencegah terbentuknya plak atau karang gigi. “Sikat gigi Anda 25 menit setelah makan apabila ingin menyikat gigi setelah sarapan,” sarannya.

Masih dikatakan Robert, sebaiknya jika terburu-buru, gigi cukup dibersihkan dengan berkumur atau makanan yang tersisa di gigi bisa dibersihkan dengan dental floss setelah sarapan.

(Koran SI/Koran SI/tty)

Comments

Popular posts from this blog

Waspadai Bercak Putih di Retina Mata Anak

BERCAK putih di retina mata anak bisa jadi penanda awal keganasan kanker bola mata. Ini harus segera diwaspadai. Jika dilihat sepintas, tak ada yang aneh dengan Abiyyu, 12 tahun. Seperti anak-anak lain seusianya, bocah lelaki kelas enam SD Surya Bahari, Tangerang, ini tampak ceria bermain petak umpet, ikut senam kesegaran jasmani di sekolah, bertanding sepak bola, dan menjaring serangga di lapangan. Bersama dua temannya, dia juga tampak kompak menyanyikan lagu Oke milik duo T2 sambil sesekali terdengar gelak tawa khas keceriaan anak-anak. Bercak Putih Pada Mata - Tanda Kanker Retina Lantas, apa yang berbeda dari Abiyyu? Di balik kacamata yang senantiasa dikenakannya, siapa sangka bila bocah bernama lengkap Achmad Abiyyu Sofyan ini hanya punya satu mata kiri untuk melihat. Empat tahun lalu, keganasan kanker bola mata membuat Abiyyu harus merelakan bola mata kanannya diangkat untuk kemudian digantikan mata palsu yang hanya kosmetik semata. "Kata dokter, kalau tidak diangkat,

"Kok, mata anakku sering berair, ya?"

PADA bayi, saluran air mata kadang belum sempurna. Pada saat normal, air mata keluar dari kelenjar lacrimalis (memproduksi air mata) yang bertujuan agar air mata selalu basah dan lembap. Kemudian, air mata ini keluar melalui saluran di bagian ujung mata bagian dalam (medial) dan masuk melalui hidung. Secara normal, kita tidak merasa air mata itu berproduksi terus karena produksi dan pengeluarannya teratur. Keadaan berubah bila produksi air mata bertambah, seperti menangis atau sumbatan pada pada pangkal hidung, sehingga air mata tersebut meningkat dan terlihat berair. Jika kondisi tersebut dialami si kecil, tentu Anda akan berpikir, mengapa bisa demikian? Apakah hal tersebut normal dialami oleh setiap bayi? Kata orangtua jaman dulu, biar cepet sembuh harus dijilat oleh sang ibu. Apakah teori itu benar? Lantas, bagaimana perawatannya?

Ditemukan, Vaksin AIDS pada Tubuh ODHA

PENELITI Amerika selangkah lebih dekat untuk mengembangkan vaksin melawan virus AIDS yang mematikan. Mereka menemukan antibodi yang mampu membunuh 91 persen virus HIV. Ilmuwan menemukan tiga antibodi kuat dalam sel tubuh seorang pria gay keturunan Afrika-Amerika berusia 60 tahun yang dijuluki Donor 45. Bahkan satu di antaranya adalah antibodi yang menetralisir lebih dari 91 persen virus HIV. Tubuh pria tersebut membuat antibodi secara alami. Demikian okezone lansir dari NY Daily News, Senin (12/7/2010). Dalam kasus Donor 45—yang antibodinya tidak menyelamatkan dirinya dari tertular HIV—peneliti menyaring sekira 25 juta sel untuk menemukan puluhan sel yang nantinya bisa menghasilkan antibodi yang kuat. Pria tersebut kemungkinan besar sudah tertular virus HIV sebelum tubuhnya mulai memroduksi antibodi. Hingga kini, ia masih hidup, dan telah mengidap HIV selama 20 tahun pada saat darahnya diambil.