Cara Mengatasi Dengkuran

Suara dengkuran tak hanya mengganggu teman tidur, tapi juga mengindikasikan adanya masalah kesehatan. Obat semprot yang biasanya diandalkan untuk melonggarkan saluran pernafasan cukup efektif untuk mengatasi dengkuran, tapi itu hanya merupakan tidakan sementara, dan tidak menghilangkan masalah sebenarnya. Perubahan gaya hidup dan pemeriksaan medis secara lengkap jauh lebih penting.

Berikut beberapa alternatif cara mengatasi dengkuran, dengan mengubah gaya hidup Anda.

Barbara Phillips, MD, profesor dari University of Kentucky College of Medicine mengungkapkan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menurunkan berat badan. "Semakin gemuk seseorang, diperlukan semakin banyak usaha untuk menghirup udara, sehingga menyebabkan getaran lebih besar di bagian belakang tenggorokan. Suara dengkuran pun semakin keras terdengar."

Masih menurut Phillips, alkohol bisa semakin mengendorkan otot-otot bagian belakang tenggorokan, sehingga akan lebih memperburuk dengkuran.

Aturan dasarnya:
1. Bila Anda tergolong overweight--dihitung menggunakan standar Indeks Massa Tubuh (BMI), turunkan 10 persen bobot Anda.
2. Hindari alkohol menjelang tidur, minimal 3 jam sebelumnya.
3. Tidurlah menyamping, dengan badan menghadap ke sisi kanan, untuk mempermudah aliran udara masuk ke tenggorokan.

Sumber: suaramerdeka.com

No comments: